Rabu, 22 Desember 2010

Sosialisasi UN Format Baru Januari.

Radar Lampung : Rabu, 22 Desember 2010


BANDARLAMPUNG - Ujian nasional (UN) format baru yang menerapkan 60 persen nilai ujian dan 40 persen nilai dari sekolah yang akan dimulai 2011, disosialisasikan Januari.

Sosialisasi itu akan dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Lampung. Kepala Bidang Pendidikan Menengah Tinggi Disdik Provinsi Agus Dwi S. kemarin menuturkan, pelaksanaan sosialisasi dimulai bulan depan, karena kini semua SMP dan SMA sedang libur hingga 2 Januari.

Diketahui, Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) Pusat mengeluarkan kebijakan UN 2011 dengan formula baru. Di mana, kelulusan siswa berasal dari satuan pendidikan yang merupakan perpaduan nilai UN dan nilai sekolah dengan formula 0,6X + 0,4Y dengan X adalah nilai UN dan Y adalah hasil nilai rapor semester 3, 4 dan 5.

’’Karena formula UN baru diterima saat memasuki hari liburan ini, dipastikan pada Januari kami menyosialisasikannya,’’ tandas Agus. Menurutnya, Disdik akan menyosialisasikan melalui musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS). Tujuannya agar semua sekolah dapat mempersiapkan UN dengan baik.

Agus mengharapakan dengan formula UN yang baru ini, tingkat kelulusan UN nasional meningkat. ’’Kalau formula saja sudah diubah, seharusnya tingkat kelulusan meningkat,’’ tandasnya.

Sehingga, bagi guru dan sekolah dapat mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Sebab, tidak akan ada UN ulangan bagi yang tidak lulus seperti tahun-tahun sebelumnya. (ysn/c3/tru)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar