Senin, 27 Desember 2010

KEJUJURAN versus LASER GUN

MALAYSIA LAYAK MENDAPATKAN SANGSI DARI FIFA


Laser singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emision of Radiation. Adalah alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik yang biasanya dalm bentuk cahaya. Sinar laser sangat bermanfaat bagi dunia modern, terutama dalam bidang optic, elektronik, optulektronik, teknologi informasi, sains, kedokteran, industri, dan militer. Secara umum laser dianggap pencapaian teknologi yang paling berpengaruh dalam abad ke 20. Sinar laser juga dapat dimanfaatkan oleh para dokter untuk melakukan operasi. Dalam skala besar laser dapat digunakan untuk memotong besi baja.

Namun demikian laser juga dapat membahayakan manusia penggunanya atau orang lain. Untuk sinar yang rendah sekalipun (hanya beberapa miliwatt) yang digunakan dalam pemancangan, masih dapat membahayakan penglihatan manusia, karena pancaran atau cahaya laser dapat mengakibatkan mata seseorang yang terkena mengalami kebutaan dalam sesat atau permanent


Negara tetangga kita yang serumpun Malaysia akan dicatat oleh dunia sebagai Negara pelopor penggunaan sinar laser ini untuk mememnangkan sebuah pertandingan bola kaki umpamanya, seperti apa yang mereka lakukan terhadap Kesebelasan Laos beberapa waktu yang lalu dan terhadap kesebelasan Indonesia pada laga final leg pertama pada tanggal 26 Desember 2010 di Stadion Bukit jalil Malaysia. Bisa jadi Negara Malaysia telah membukukan aktivitas ini sebagai Negara pertama yang melakukannya.


Seorang penjaga gawang bukan hanya sekedar kehilangan konsentrasi tetapi juga akan kehilangan penglihatan sejenak. Maka akan telak sekali manakala sinar laser itu ditembakkan pada saat gawang sedang terserang. Tetapi dalam pertandingan itu ternyata sinar laser telah menerpa wajah pemain kita, terutama penjaga gawangnya adalag semenjak menit ke 10 babak pertama.



Kata Roy Suryo, sinar laser yang digun akan ternyata sangat besar, yaitu sekitar 10 – 25 watt. Ini benar benar sebagai tindakan yang sangat membahayakan. Kita berharap agar FIFA segera ambil tindakan agar aksi yang diplopori oleh Malaysia ini tidak sempat berkembang.



Bila hal ini dibiarkan maka dunia persepakbolaan akan mengalami kerusakan, fair flay akan sulit ditegakkan. Bisa saja umapamanya Malaysia dilarang menyelenggarakan pertandingan Internasional, dan kesebelasan Malaysia dilarang menyertakan suporternya ketika melakukan pertandingan di negara lain. banhak pilihan untuk dijadikan hukuman yang memiliki efek jera.


Kepada para suporte Indonesia diharap tidak melakukan tindakan yang sama sebagai balas dendam. Labih baik kita kalah secara terhormat daripada menang secara curang seperti apa yang dilakukan oleh Malaysia. Apalagi permainan Indonesia pada saat itu memang sedang buruk. Tamapa sinar Laserpun Malaysia berpeluang menang


Pihak keamanan agar benar benar dapat merazia barang laknat itu agar tidak ikut masuk ke Studion. Kalah dan menang dalam bertanding adalah biasa, adakalanya kita kalah dan adakalanya kita Berjaya dalam suatu pertandingan, yang penting pertandingan itu berjalan secara jujur, cantik, dengan semangat juang yang tinggi. Kalah ataupun menang garuda di dada tetap kita puja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar