Sabtu, 11 Desember 2010

APA SIH LAHAR DINGIN ITU

Dunia Anak Lampost : Minggu, 12 Desember 2010

BEBERAPA hari ini, berita-berita di media sering menyebut tentang banjir lahar dingin yang menghancurkan beberapa rumah di Yogyakarta. Apa adik-adik sudah tahu tentang lahar dingin ini? Nah, pada rubrik kali ini kita akan membahas tentang lahar dingin.

Sebelumnya, kita sudah pernah membahas tentang magma dan lava kan? Adik-adik masih ingat tidak? Ya sudah deh, Kakak Rinda jelaskan sedikit tentang magma dan lava ini ya.

Magma adalah batuan cair panas yang terdapat dalam lapisan kulit bumi. Lava adalah magma yang keluar dan perut bumi/gunung api akibat adanya peningkatan aktivitas vulkanik/tekanan di dalam perut gunung api. Nah, lahar itu adalah lava yang bercampur dengan air, baik air hujan atau lainnya, seperti danau di sekitar gunung.

Campuran lava dan air ini menjadi jenuh dan membentuk aliran yang meluncur dengan kecepatan tinggi menuruni lereng gunung hingga puluhan kolimeter. Apabila lava bercampur dengan air yang masih panas atau baru keluar dari dapur magma setelah letusan gunung api, menghasilkan lahar panas. Sebaliknya, apabila lava sudah tertimbun lama di lerang gunung, lalu bercampur dengan air pada musim hujan, akan menghasilkan aliran lahar dingin.

Kedua tipe lahar ini, baik lahar panas atau lahar dingin, sama-sama berbahaya, bisa menimbulkan korban jiwa dan merusak rumah-rumah warga.

Lahar yang merupakan campuran batu, pasir, kerikil dan air ini aktivitasnya akan meningkat seiring dengan meningkatnya intensitas curah hujan.

Aliran lahar sangat berbahaya terutama bagi penduduk yang tinggal di perkampungan yang berada di lereng gunung ataupun bagi para penambang pasir yang sering berada di daerah aliran lahar ini. Lahar dapat mengalir dengan kecepatan beberapa puluh meter per detik dan menempuh jarak sampai beberapa kilometer. Untuk itu biasanya lahar dibuatkan saluran khusus mirip saluran sungai atau disebut juga sabo. (RIN/DBS/M-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar