Sabtu, 18 Desember 2010

MASA BAKTI Dr.MUSTAFA USMAN REKTOR MALAHAYATI BERAKHIR

Pendidikan Lampost : Sabtu, 18 Desember 2010

MUTASI: Malahayati Ganti Rektor

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Universitas Malahayati menargetkan menjadi world class university. Rencananya tahun 2011 dibuka kelas internasional yang mengarah menjadi world class university.

Demikian disampaikan Muhammad Kadafi selaku Rektor Universitas Malahayati yang baru saja dilantik dan melakukan serah terima jabatan di Gedung Serbaguna kampus setempat, Jumat (17-12).

Muhammad Kadafi dilantik menggantikan Mustofa Usman sebagai rektor Universitas Malahayati. Pelantikan dan serah TERIMA jabatan rektor dilaksanakan di Gedung Serbaguna setempat.

Mustofa Usman yang juga dosen MIPA Universitas Lampung telah menjabat sebagai rektor periode 2006-2010, dengan masa jabatan yang berakhir pada 30 November 2010.

"Visi kami, tahun 2011 akan membuka kelas internasional. Sebagai langkah awal, kelas internasional akan dibuka untuk fakultas kedokteran," kata dia.

Kadafi mengatakan pembukaan kelas ini bukan sekedar pelabelan internasional, melainkan akan diluncurkan secara legal. Artinya, kurikulum harus berlisensi internasional, dosen-dosennya pun berlisensi internasional.

"Kelas internasional bukan sebatas penyampaian perkuliahannya yang berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Rencananya, mahasiswanya pun mahasiswa internasional," kata Kadafi.

Ia menjelaskan program ini bukan program instan dan telah dipersiapkan cukup lama. Sejak awal 2010 proses persiapan dimulai dan diperkirakan pada tahun ajaran baru 2011 program ini dibuka dan menerima mahasiswa baru.

"Permintaannya sudah ada, beberapa mahasiswa ada yang berasal dari Malaysia. Kami sudah membangun jaringan dengan beberapa negara seperti Singapura, Sudan, dan China," kata dia.

Selain akan menggarap kelas internasional, Kadafi juga menjanjikan adanya peningkatan iklim dan mutu akademik. Tidak hanya hasil belajar mahasiswa saja yang dipantau, melainkan kinerja dosen juga akan dilihat dan dievaluasi.

"Setiap kelas sudah kami pasang CCTV dan perekam suara untuk memantau kinerja dosen oleh lembaga penjamin mutu yang kami miliki. Selain itu hasil rekaman bisa digunakan oleh mahasiswa sebagai bahan pembelajaran di rumah," kata dia.

Kadafi mengatakan program selanjutnya adalah pengembangan rumah sakit pendidikan Universitas Malahayati. "Semua proses belajar-mengajar sudah kami pindah ke gedung baru multiguna, sementara gedung lama akan difokuskan menjadi kompleks rumah sakit," kata dia. MG14/S-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar