Jumat, 24 Desember 2010

APK SEKOLAH DASAR BANDAR LAMPUNG TINGGI

Pendidikan Lampost : Jum'at, 24 Desember 2010

WAJIB BELAJAR

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Angka partisipasi kasar (APK) tingkat sekolah dasar (SD) di Bandar Lampung cukup tinggi, mencapai 114,1 persen.

Kepala Subbagian (Kasubbag) Penyusunan Program Monitoring dan Evaluasi Dinas Pendidikan Bandar Lampung Tatang Setiadi mengatakan hal itu di ruang kerjanya, Kamis (23-12).

Tatang menjelaskan untuk pelaksanaan pendidikan wajib belajar 2010 di Bandar Lampung tingkat SD sudah cukup baik. Sedangkan tingkat SMP masih harus ditingkatkan. Berdasarkan data Disdik Bandar Lampung, jumlah anak tidak sekolah atau putus sekolah untuk pendidikan dasar tingkat menengah di Bandar Lampung diperkirakan mencapai 29,64 persen.

"Angka partisipasi kasar SD di Bandar Lampung adalah 111.189, sementara angka partisipasi murni (APM) 93.903 dari anak usia sekolah di Bandar Lampung 7 hingga 13 tahun yang mencapai 97.585 anak,” ujarnya.

Sedangkan angka partisipasi kasar SMP di Bandar Lampung adalah 47.533, angka partisipasi murni (APM) 33.039 dari anak usia sekolah di Bandar Lampung 13 hingga 15 tahun yang mencapai 47.896 anak.

"Sederhananya APK itu menunjukkan ketuntasan program dengan menggambarkan berapa persentasi anak sekolah, sementara APM itu menunjukkan berapa anak yang tidak sekolah atau putus sekolah di Bandar Lampung," kata dia.

Tatang menerangkan APK dapat lebih dari seratus persen karena anak yang bersekolah di Bandar Lmmpung bisa dari luar Bandar Lampung. Sementara APM maksimal pasti seratus persen karena menunjukkan persentase jumlah anak di Bandar Lampung yang bersekolah.

Ia menambahkan peningkatan APK dapat dilakukan dengan penambahan jumlah sekolah baru atau penambahan jumlah ruang belajar baru. Peningkatan APM dapat dilakukan dengan pemberian beasiswa atau program BOS di sekolah-sekolah. (MG14/S-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar