Senin, 20 Desember 2010

KEPANDUAN : Pramuka Jaga Karakter Bangsa

Pendidikan Lampost : Selasa, 21 Desember 2010


BANDAR LAMPUNG (Lampost): Revitalisasi gerakan Pramuka menjadi salah satu titik penting peningkatkan kualitas kepemimpinan dan karakter bangsa. Ketua Kwartir Ndidikan asional Gerakan Pramuka Azrul Azwar mengungkapkan hal itu pada Musyawarah Daerah (Musda) XIII Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung, Senin (20-12).

"Saat ini semua orang berbicara tentang bagaimana membangunan karakter bangsa yang kini mulai merosot. Menurut saya, gerakan kepramukaan adalah salah satu media yang tepat menjaga karakter bangsa," kata Azwar.

Dia mengatakan pemerintah sangat mendukung revitalisasi gerakan kepramukaan, terbukti dengan disahkannya Undang-Undang Kepramukaan pada Oktober lalu.

"Proses revitalisasi mulai kami lakukan. Kami tengah menyusun draf peraturan pemerintah agar UU Kepramukaan dapat segera diimplementasikan hingga tingkat terbawah," kata Azwar.

Ia mengatakan gerakan Pramuka sudah menyiapkan program-program prioritas untuk melaksanakan revitalisasi gerakan kepanduan tersebut. Kemudian membenahi manajemen organisasi sekaligus membenahi sistem organisasi.

"Untuk keanggotaan, kami akan memperluas anggota dewasa dan menumbuhkan rasa memiliki anggota terhadap Pramuka dengan melakukan berbagai pelatihan," ujarnya

Sementara itu, agar Pramuka berguna bagi anggotanya, menurut Azrul, pihaknya akan mengembangkan keterampilan yang diajarkan di Pramuka menjadi pekerjaan yang dapat menopang hidup anggota Pramuka.

Sementara dalam pembukaan acara disampaikan, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lampung Selatan memperoleh peringkat teraktif dengan nilai 6.812. Kwarcab teraktif kedua diperoleh Kwarcab Kota Metro dengan nilai 6.373,4, dan kwarcab teraktif ketiga Lampung Utara dengan nilai 6.310,2

Andalan Humas Kwarda Lampung Daryanto mengatakan Kwarcab Lampung Selatan banyak melakukan pembinaan dan pelatihan keanggotaan. Karena itu, Kwarcab Lampung Selatan dapat terpilih sebagai teraktif.

Ia juga mengatakan pada musda kali ini telah muncul beberapa kandidat Ketua Kwarda Pramuka Lampung, antara lain Sjachrazad Z.P., Rachmat Abdullah, Munasir Amin, Rycko Menoza, dan R.M. Abdullah. MG14/S-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar