Jumat, 25 Maret 2011

Unila Rencanakan Buka Program Reguler II

Pendidikan Lampost : Senin, 21 Maret 2011


BANDAR LAMPUNG (Lampost): Universitas Lampung berencana membuka program baru pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2011 sebagai pengganti program ekstensi yang telah ditutup. Program ini bernama reguler.

Pembantu Rektor I Bidang Akademik Universitas Lampung Hasriadi Mat Akin menjelaskan hal itu di ruang kerjanya, Jumat (18-3).

"Program ini sebagai pengganti program ekstensi yang telah ditutup penerimaannya pada 2007. Untuk program ekstensi kami tinggal menunggu kelulusan mahasiswa yang tinggal beberapa angkatan," kata dia.

Hasriadi menjelaskan program reguler ini memiliki kesamaan dan perbedaan dengan program reguler satu maupun program ekstensi atau lebih dikenal dengan program nonreguler karena ditujukan kepada mereka yang telah bekerja.

"Sama halnya dengan program reguler satu, dalam program reguler dua ini mahasiswa dapat mengambil jumlah SKS secara penuh, berbeda dengan program nonreguler atau ekstensi yang dibatasi maksimal sembilan SKS," Kata Hasriadi.

Mengenai dosen pengajar dan sarana prasarana perkuliahan, ia menjelaskan tidak ada bedanya dengan program reguler satu. Bedanya, reguler satu berlangsung pagi hingga siang sementara reguler dua berlangsung sore hingga malam. Ini dikhususkan bagi mereka yang telah bekerja pagi hingga siang tapi ingin memperoleh gelar sarjana.

"Sistem penerimaannya pun juga sama persis dengan program ekstensi beberapa waktu lalu. Calon mahasiswa harus mengikuti ujian tertulis yang diselenggarakan masing-masing fakultas yang membuka program tersebut. Artinya seleksi tetap kami lakukan," kata dia.

Hingga saat ini baru dua fakultas yang menyatakan akan membuka program ini: Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum. Satu fakultas yang menyatakan belum akan membuka program ini yakni MIPA. Sementara lima fakultas lainnya masih belum memutuskan.

Hasriadi menginformasikan penerimaan jalur reguler dua baru dilakukan setelah program penerimaan mahasiswa baru jalur reguler satu selesai diselenggarakan. Untuk reguler satu terdiri dari jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri tulis dan undangan, program perluasan akses pendidikan masyarakat miskin, ujian masuk lokal, dan penerimaan bibit unggul daerah.

"Mereka yang boleh mendaftar adalah mereka yang benar sudah bekerja ataupun mereka yang telah tiga tahun gagal dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. Sedangkan untuk fresh graduated dari sekolah menengah atas tidak diperkenankan ikut," kata dia. (MG14/S-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar