Selasa, 01 Maret 2011

Kemenag Rancang Pendidikan Gratis di Madrasah

Pendidikan Lampost : Senin, 28 Februari 2011


MEDAN (Lampost): Kementerian Agama mengupayakan pendidikan gratis tingkat madrasah untuk meringankan beban pendidikan bagi siswa serta peningkatan kualitas pendidikan.

"Saat ini kami sedang menginventarisasi jumlah siswa dan jumlah sekolah sehingga program tersebut dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan kemampuan anggaran pemerintah," kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Medan, pecan lalu.

Meskipun tidak menjelaskan besaran anggaran yang dibutuhkan untuk program tersebut, ia optimistis hal itu akan terlaksana dengan baik dan diupayakan tahun ini bisa berjalan. "Data siswa yang valid sangat berhubungan dengan efisiensi anggaran pendidikan," kata dia.

Ia mengatakan pendidikan madrasah secara gratis merupakan upaya serius Kementerian Agama dalam meningkatkan aksesibilitas pendidikan agama dan keagamaan. Sekaligus melakukan upaya meringankan beban pendidikan bagi siswa maupun di lembaga pendidikan agama. Program tersebut dilaksanakan seiring dengan meningkatnya anggaran pendidikan yang diberikan pemerintah sehingga Kementerian Agama harus menyelaraskan dengan kebutuhan pendidikan.

Terlebih lagi Mendiknas Muh. Nuh akan memasukkan anggaran pendidikan yang diselenggarakan umat Islam atau madrasah dalam APBN 2011. "Kementerian Agama akan melaksanakan program ini dengan sebaik mungkin dan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian sehingga dapat tepat sasaran," kata dia.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta kepala kantor Kementerian Agama untuk membantu memberikan data yang valid mengenai jumlah siswa dan sekolah dari tingkat madrasah ibtidaiah (setingkat SD), MTs (SMP), dan aliyah (SMA), sehingga besaran anggaran yang akan dialokasikan dapat direncanakan dengan lebih baik. "Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama sejalan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia," kata dia. (S-2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar