Jumat, 25 Maret 2011

Lambar Sosialisasi BDPP

Pendidikan Lampost : Rabu, 23 Maret 2011


LIWA (Lampost): Bantuan dana penyelenggaraan pedidikan (BDPP) untuk TK hingga SMA/SMK tahun ajaran 2011 di Kabupaten Lampung Barat mulai disosialisasikan ke sekolah-sekolah, Selasa (22-3).

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Lampung Barat Asep Suganda, mendampingi Kadis Pendidikan Lambar Nukman, menjelaskan sosialisasi BDPP yang pertama di Kecamatan Gedungsurian, Kebuntebu, dan Sumberjaya.

Masalah utama yang disosialisasikan, kata Asep, adalah petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis penyelenggaraan BDPP. Metode sosialisasi dengan mengumpulkan seluruh kepala sekolah di satu tempat, kemudian diberikan penjelasan tentang sistem penyelenggaraan BDPP.

Dia menambahkan BDPP untuk kegiatan belajar dan mengajar di sekolah penerima BDPP dan pengembangan laboratorium SMA serta SDM.

Selain itu, juga dapat digunakan untuk konseling, ekstrakurikuler, kegiatan penerimaan siswa baru atau untuk kegiatan manajemen rumah tangga sekolah.

Khusus SMK negeri, besaran BDPP berdasarkan jumlah siswa, yaitu Rp1,093 juta/siswa. Sedangkan SMA negeri ditetapkan Rp687.500/siswa.

Kemudian untuk BDPP sekolah TK, SD, dan SMP negeri dan swasta serta SMA/MA dan SMK swasta diberikan berdasarkan kondisi sekolah. Kegunaan BDPP untuk sekolah TK—SMP negeri dan swasta serta sekolah SMA/MA dan SMK swasta sama dengan sekolah lainnya.

BDPP yang diberikan kepada SMA negeri dan SMK negeri ditujukan untuk program sekolah rintisan gratis. Sementara BDPP yang diberikan kepada TK, SD, SMP negeri, dan swasta serta SMA/MA dan SMK swasta adalah merupakan subsidi dari pemerintah daerah kepada sekolah dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan program pendidikan di sekolah. (ELI/S-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar