Rabu, 02 Maret 2011

725 Pelajar SMP Ikut Pra-Olimpiade

Pendidikan Lampost : Rabu, 2 Maret 2011


BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sebanyak 735 pelajar SMP se-Bandar Lampung bertarung di pra-Olimpiade Sains dan Ilmu Pengetahuan Sosial, di aula SMPN 16 Bandar Lampung, Selasa (1-3).

"Kami bermaksud mencari bibit bibit unggul daerah yang dapat mewakili kota Bandar Lampung untuk mendulang prestasi dalam olimpiade sains dan ilmu pengetahuan sosial tingkat nasional tahun ini," kata Parwono, ketua pelaksana kegiatan.

Parwono yang juga Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bidang IPS Tingkat SMP Se-Bandar Lampung itu menyatakan olimpiade ini terbagi empat cabang: Biologi, Fisika, Matematika, dan IPS.

Untuk cabang Biologi diikuti 197 peseerta, untuk Fisika diikuti 168 peserta, Matematika (190), dan IPS (180). Total peserta yang bertanding 735 peserta.

Ia mengatakandari pra-Olimpiade ini, panitia berharap daat menjaring 40 anak di setiap bidang untuk dibina agar dapat mengikuti Olimpiade Sains dan IPS tingkat kota, provinsi hingga tingkat nasional.

"Mereka yang terpilih akan kita bina selama dua hingga tiga bulan, kemudian mereka akan kami ikutkan dalam Olimpiade tingkat kota. Pada olimpiade tingkat kota nanti dipilih tiga hingga lima orang di tiap bidang untuk mewakili Bandar Lampung di tingkat Provinsi," kata dia.

Parwono mengatakan penyertaan siswa Bandar Lampung dalam Olimpiade IPA merupakan untuk yang keempat kalinya, sedangkan untuk tingkat IPS baru untuk yang kedua kalinya. Namun, dalam penyertaan yang pertama utusan Bandar Bandar Lampung mampu menyabet peringkat dua untuk bidang IPS.

Pelaksanaan pra-Olimpiade baik bidang IPA maupun bidang IPS diikuti oleh wakil dari masing-masing SMP negeri maupun swasta di Bandar Lampung. Setiap sekolah minimal mengirimkan empat siswa dan maksimal sepuluh orang siswa untuk setiap mata pelajaran. Mereka bertarung sejak pukul sembilan pagi dan masing masing mengerjakan 100 soal selama dua jam.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Sukarma Wijaya saat membuka acara mengamanatkan agar siswa dapat bertanding secara jujur dan sportif. Ia juga berharap dari ajang ini akan lahir siswa berprestasi yang dapat kembali mengharumkan Kota Bandar Lampung. "Mudah-mudahan bibit bibit unggul daerah lahir dari ajang ini," kata dia berharap kepada peserta. MG14/S-1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar