Jumat, 28 Januari 2011

SNPTN : Sekolah Tunggu Sosialisasi

Pendidikan Lampost : Jum'at, 28 Januari 2011


BANDAR LAMPUNG (Lampost): Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA di Bandar Lampung masih menunggu sosialisasi tentang seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Ketua MKKS SMA Bandar Lampung Sobirin, Kamis (27-1), mengatakan hingga kini sekolah hanya mendapatkan informasi dari media cetak maupun internet.

"Informasi tentang perubahan program penelusuran kemampuan akademik dan bakat menjadi seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri jalur undangan masih belum kami pahami sepenuhnya," kata dia.

Sobirin menyatakan perguruan tinggi harus menyosialisasikan langsung perubahan itu ke sekolah atau setidaknya menggunakan MKKS sebagai media sosialisasi ke sekolah.

Hal senada disampaikan Kepala SMA YP Unila Pitoewas secara terpisah kepada Lampung Post. Menurut dia, selain lewat media massa, sosialisasi langsung masih dibutuhkan karena dari beberapa informasi yang diberitakan masih menimbulkan pertanyaan bagi sekolah.

"Unila sebagai penyelengaran SNMPTN untuk tingkat lokal dapat mengundang MKKS provinsi sehingga nantinya MKKS provinsi akan meneruskan informasi ini kepada MKKS tingkat kabupaten/kota hingga sampai ke sekolah," kata dia.

Menanggapi hal ini, Rektor Universitas Lampung menyatakan pihaknya belum menyosialisasikan ke sekolah lantaran sosialisasi teknis dari panitia pusat ke perguruan tinggi baru akan dilakukan pada 29 Januari.

"Kami baru saja mendapatkan undangan dari panitia pusat mengenai simulasi dan penjabaran hal teknis mengenai sistem online SNMPTN jalur undangan. Setelah ini barulah kami sosialisasikan," kata dia.

Sugeng berencana menggandeng Dinas Pendidikan tingkat provinsi hingga kabupaten/kota untuk menyosialisasikan mekanisme baru SNMPTN terutama untuk jalur undangan.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal SNMPTN Provinsi Lampung Hasriadi Mat Akin mengatakan saat ini sedang dilakukan pendidikan dan latihan bagi tim teknis SNMPTN. Nantinya mereka yang akan membantu Dinas Pendidikan menyosialisasikan SNMPTN jalur undangan di setiap kabupaten/kota. (MG14/S-2)
Cetak Berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar