Selasa, 04 Januari 2011

Guru Belajar Gratis di Jepang.

Pendidikan Lampost : Rabu, 5 Januari 2011

BEASISWA

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemerintah Jepang memberikan kesempatan kepada guru untuk menimba ilmu di Negeri Matahari Terbit tersebut. Setiap tahun Jepang melaksanakan Program Penataran Guru (Teacher Training Program).

M.D. Wicaksono, alumnus Tokyo University of Agriculture and Technology, mengatakan program ini merupakan beasiswa Jepang bagi guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Mereka akan diberikan pelatihan cara mengajar, membuat rencana belajar-mengajar yang efektif dan menarik minat siswa dan hal yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru.

Wicaksono yang juga mantan Bidang Pendidikan dan Kebudayaan PPI Jepang 2007-2009, mengatakan program ini nongelar dengan waktu kuliah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan belajar bahasa Jepang).

"Penataran guru dilaksanakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Sains dan Teknologi (Monbukagakusho) atau hampir sama dengan Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia," kata dia.

Program ini diberikan kepada guru yang aktif mengajar di sekolah formal (SD, SMP, dan SMA) baik sekolah negeri maupun swasta. Semua bidang ditawarkan, kecuali bahasa Indonesia, bahasa daerah, bahasa Arab, pendidikan agama, PPKN dan bidang-bidang kejuruan.

Dia mengatakan guru-guru di Indonesia, khususnya di Lampung, berkesempatan mengikutinya. Persyaratan mengikuti program ini adalah usia di bawah 35 tahun (per 1 April 2011), lulusan S-1 atau D-4, guru yang mengajar secara aktif di SD/SMP/SMA (termasuk SMK) baik di negeri ataupun swasta. Kemudian berpengalaman mengajar di pendidikan formal minimal 5 tahun (per 1 April 2011), sehat jasmani dan rohani (bagi perempuan tidak boleh dalam kondisi hamil), dan bersedia belajar bahasa Jepang, karena bahasa pengantar di kampus adalah bahasa Jepang.

Menurut Wicaksono, peserta program ini akan mendapatkan fasilitas berupa: tanpa ikatan dinas, tiket pesawat pergi-pulang Indonesia (Jakarta)-Jepang kelas ekonomi, biaya ujian masuk, biaya kuliah, dan uang pendaftaran, tunjangan bulanan sebesar 170 ribu yen/bulan (ada kemungkinan mengalami perubahan), dan disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa.

Untuk keberangkatan tahun 2011 sudah dibuka pendaftaran pada 22 November 2010 dan ditutup pada 29 Januari 2011. Bagi pelamar, baik pegawai negeri maupun swasta dapat langsung menyerahkan/mengirimkan formulir yang telah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan. Bagi pelamar yang berstatus pegawai negeri tetap harus melapor dan menyerahkan fotokopi formulir kepada Biro Kerja Sama Luar Negeri (BKLN) Kementerian Pendidikan Nasional. Formulir pendaftaran dapat diunduh dari situs (website) Kedutaan Besar Jepang di Jakarta http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html. UNI/S-1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar