Sabtu, 22 Januari 2011

Penerimaan Siswa Baru Sistem Online

Ruwa Jurai Lampost : Sabtu, 22 Januari 2011

PENERIMAAN SISWA BARU: Tahun ini Kota Metro Gunakan Sistem ‘Online’

METRO (Lampost): Tahun ini penerimaan siswa baru (PSB) di Kota Metro akan menggunakan sistem online, menyusul penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Dinas Pendidikan dan PT Telkom, di kantor dinas setempat, Kamis (20-1).

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan Kepala Dinas Pendidikan setempat Haidar Mansyah dan Ny. Dida dari Telkom Koordinator Acount Refresentatif. "Kami sudah akad, secepatnya PSB online bisa direalisasikan," ujar Haidar Mansyah.

Haidar mengatakan PT Telkom menyediakan fasilitas internet untuk pelaksanaan PSB online secara gratis. Dengan begitu, masyarakat Metro nantinya sudah bisa mendaftarkan anaknya lewat internet.

Menurut Haidar, saat ini pihaknya sedang menggodok drafnya dan dalam waktu dekat diharapkan bisa terealisasi.

Untuk mewujudkan rencana terebut, Dinas Pendidikan akan menggelar seminar dengan menghadirkan para pemerhati pendidikan, organisasi profesi guru yang ada di Kota Metro, selain juga mengundang DPRD dan Dewan Pendidikan. "Kami akan secepatnya bisa menyosialisasikannya kepada masyarakat," kata dia.

Rencana penyediaan PSB online jauh hari sudah direspons Wali Kota Lukman Hakim. Pemkot siap menuangkan ke dalam peraturan wali kota.

Sementara itu, Komisi II DPRD mendukung kerja sama tersebut.

Akan tetapi, karena PSB online merupakan program baru, hendaknya benar-benar dipersiapkan dengan matang dan secepatnya pula disosialisasikan.

"Biasanya karena baru, banyak kelemahannya. Itu harus bisa diantisipasi," ujar Nasrianto, dari Komisi II DPRD.

Ia mengatakan dengan PSB online, masyarakat, terutama orang tua wali murid, bisa sedikit lega, karena bisa menekan pelanggaran, seperti katebelece pejabat, titip menitip anak, kecurangan atau menggunakan uang pelicin.

Selain itu, perlu adanya kuota bagi warga di luar Metro. "Itu artinya, warga Metro harus tetap menjadi prioritas. Jangan ada lagi orang Metro tidak bisa bersekolah di Metro, karena sudah penuh dengan orang yang dari luar Metro," kata dia. (CAN/D-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar