Jumat, 07 Januari 2011

Pendaftaran sertifikasi 'Online'

Pendidikan Lampost : Sabtu, 8 Januari 2011

PROFESIONALISME

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pendaftaran sertifikasi guru mulai tahun 2011 akan dilakukan secara online.

Dekan FKIP Universitas Lampung Bujang Rahman mengatakan Dinas Pendidikan kabupaten/kota setempat akan menyediakan provider internet pendaftaran guru sertifikasi.

"Hal ini berlaku bagi guru yang akan mendaftar sertifikasi baik dengan penilaian portofolio, maupun pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG)," kata Bujang.

Ia mengatakan guru bisa mendaftar secara online, dengan mengisi data yang diperlukan. Data tersebut akan masuk ke Dinas Pendidikan kabupaten/kota setempat, kemudian Dinas meneruskannya ke Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Kemendiknas.

Mengenai proses penilaian, Bujang menjelaskan Ditjen PMPTK Kemendiknas akan menyusun daftar guru berdasar masa kerja dan golongan. Kemendiknas juga yang akan memutuskan guru-guru yang mengikuti proses sertifikasi tahun 2011.

"Kalau sudah disusun berdasar masa kerja dan golongan, akan mudah memotong guru yang mendaftar sesuai dengan kuota. Syarat utama yang mendaftar adalah guru tetap, baik di negeri maupun di swasta," kata dia.

Mengenai jadwal pendaftaran, Bujang mengimbau agar Dinas Pendidikan kabupaten/kota mempersiapkan perangkatnya. "Kalau bisa pendaftaran dilakukan mulai Januari ini, dan paling lambat pada Februari. Karena bulan Mei, penilaian portofolio dan PLPG sudah mulai dilakukan," kata dia.

Pendaftaran sertifikasi melalui penilaian portofolio dan PLPG bisa dilakukan bersamaan. Pasalnya, kuota guru bertifikat yang mengikuti penilaian portofolio dibatasi hanya 93 guru. Sedangkan kuota untuk PLPG (9.358).

Mengenai tes praktek berbasis ICT bagi guru yang mendaftar melalui penilaian portofolio, Bujang menjelaskan tes meliputi penguasaan ICT, penguasaan konten pembelajaran, dan penguasaan pedagogi. "Uji portofolio memang bagi guru berprestasi dan berkemampuan lebih," kata dia. (MG14/S-2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar