Selasa, 11 Januari 2011

LULUSAN FKIP TAK OTOMATIS JADI GURU

Pendidikan Lampost : Senin, 10 Januari 2011

UNTUK JADI GURU LULUSAN FKIP DIWAJIBKAN LULUS PENDIDIKAN PROFESI 2 SMESTER

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemerintah merencanakan memperketat penyelenggaraan profesi guru. Nantinya, tidak semua lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) otomatis menjadi guru.

Hal itu dikatakan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung Bujang Rahman, di Bandar Lampung, Minggu (9-1).

Ia menjelaskan lulusan FKIP nantinya sama seperti lulusan Fakultas Kedokteran. Setiap lulusan kedokteran harus lulus "koas" dulu sebelum menjadi dokter, begitu pula lulusan FKIP.

"Untuk menjadi seorang guru setiap lulusan FKIP harus mengikuti pendidikan profesi guru selama dua semester. Jika lulus, mereka akan mendapatkan sertifikat dan dapat menjadi guru di mana pun," kata dia.

Bujang menambahkan saat ini pemerintah tengah berupaya menyarjanakan semua guru berdasarkan undang-undang. Pada 2014, semua guru di Indonesia telah bergelar S-1 dan memiliki sertifikat sebagai guru.

"Kami memang sudah telanjur banyak mengangkat guru sehingga untuk memperbaikinya pemerintah menjalankan program sertifikasi guru. Ke depan, setiap orang yang akan menjadi guru disertifikasi dulu dalam PPG baru mereka berhak menjadi guru," kata dia.

Dekan FKIP Unila ini menuturkan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK) merupakan lembaga penghasil guru di Indonesia akan mengurangi kuota penerimaan mahasiswa baru termasuk di FKIP Unila.

"Ke depan kami tidak lagi berpikir mengenai kuantitas, tetapi sudah berbicara mengenai kualitas. Untuk itu jumlah mahasiswa baru di setiap program studi di FKIP setiap tahun akan kami kurangi secara bertahap," ujarnya.

Bujang menyatakan sejak adanya program sertifikasi guru, profesi guru menjadi favorit dan FKIP pun menjadi fakultas favorit. Hal itu ditandai dengan semakin tinggi peminat di fakultas ini. Namun, dengan adanya kebijakan yang akan memperketat mereka yang akan menjadi guru, mau tidak mau jumlah mahasiswa FKIP akan dikurangi. (MG14/S-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar