Rabu, 26 Januari 2011

LUN Digelar Februari

Pendidikan Lampost : Selasa, 25 Januari 2011

UJIAN NASIONAL

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Menghadapi ujian nasional (UN) 2011, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Atas (SMA) Bandar Lampung siap menggelar latihan ujian nasional (LUN) pada Februari mendatang.

Demikian dikatakan Ketua MKKS SMA Bandar Lampung Sobirin kepada Lampung Post di Bandar Lampung, Senin (24-1). MKKS merencanakan LUN akan digelar pada 21—24 Februari mendatang.

Sobirin menjelaskan dengan ditandatanganinya Permendiknas Nomor 45/2011 tentang Kriteria Kelulusan dan Permendiknas Nomor 46/2011 tentang Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh, berarti UN 2011 positif digelar.

Pelaksanaan UN tahun pelajaran 2010—2011 jenjang SMA/MA/SMK akan digelar pada 18—21 April 2011. Adapun pelaksanaan UN SMP/MTs akan digelar pada 25—28 April 2011.

Terkait dengan hal ini, MKKS SMA se-Bandar Lampung telah melakukan sosialisasi Permendiknas Nomor 45/2011 dan Permendiknas Nomor 46/2011 ke sekolah.

"Sosialisasi dilakukan bertahap, diawali dengan sosialisasi di level kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum hingga pada level guru bidang studi dari mata pelajaran yang diujinasionalkan," kata dia.

Setelah sosialisasi maka tahapan persiapan selanjutnya adalah melakukan prediksi soal berdasarkan standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan pemerintah. Output-nya adalah soal yang akan di-LUN-kan.

Sobirin mengatakan LUN akan digelar dengan mengadopsi secara penuh standar operasional prosedur (SOP) UN sesungguhnya. Pengawasan yang dilakukan sama dengan UN. "Kami berencana untuk menyediakan lima paket soal seperti UN sesungguhnya," ujarnya.

Seperti biasa, soal LUN juga akan disusun dengan tingkat kesulitan satu tingkat lebih tinggi dari soal UN. LUN akan diikuti 8.400 siswa program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) maupun program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dari 17 SMAN dan 35 SMA swasta di Bandar Lampung. Selain LUN bersama, sekolah diperkenankan melakukan LUN internal atau tryout di sekolah masing-masing. (MG14/S-2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar