Sabtu, 22 Januari 2011

Dana Bos Diawasi Ketat

Bandar Lampung Lampost : Jum'at, 21 Januari 2011


BANDAR LAMPUNG (Lampost): Dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk SD dan SMP sederajat di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung diperkirakan akan cair awal Februari.

"Saat ini penyaluran dana BOS menjadi bagian APBD. Maka proses pengawasannya akan jauh lebih ketat dari sebelumnya. Kami akan melibatkan 42 pengawas SD dan sekitar 27 pengawas SMP," kata Bustami, ketua Manajemen BOS Disdik Kota Bandar Lampug, Kamis (20-1).

Bustami mengatakan dana tersebut telah disalurkan dari pusat ke daerah pada awal Januari tahun ini. Akan tetapi dana tersebut baru masuk ke kas umum daerah pada 24 Januari mendatang.

Setelah itu baru dana BOS disalurkan langsung ke rekening sekolah. "Sesuai pengalaman, dana tersebut diperkirakan akan cair pada awal bulan depan," ujarnya.

Ia memaparkan dana BOS untuk Kota Bandar Lampung mencapai Rp62 miliar. Dana tersebut terbagi atas alokasi SD negeri Rp33,9 miliar, alokasi SD swasta Rp4,99 miliar, alokasi SMP negeri Rp12,58 miliar, dan alokasi SMP swasta Rp10,7 miliar.

Menurut Bustami, alokasi dana BOS Kota Bandar Lampung tahun 2011 naik menjadi sekitar Rp62 miliar. Sebelumnya, APBN hanya menganggarkan Rp58 miliar.

Selain dana BOS yang berumber dari APBN, Pemkot Bandar Lampung juga menyediakan dana BOS pendamping sekitar Rp856 juta untuk SD dan SMP sederajat se-Bandar Lampung.

"Dana tersebut tidak akan turun sekaligus namun akan dicairkan per tiga bulan. Artinya dalam satu tahun akan ada empat kali pencairan," kata dia.

Ia menerangkan Rp33,9 miliar akan disalurkan ke 201 sekolah dasar negeri (SDN) di Kota Bandar Lampung. Sedangkan Rp4,9 miliar akan disalurkan ke 35 sekolah swasta.

Untuk tingkatan SMP Rp12,5 miliar akan disalurkan ke 34 sekolah negeri dan Rp10,7 miliar akan disalurkan ke sekolah swasta.

Terkait dengan pengawasan dan monitoring pengelolaan dana BOS, menurut Bustomi, Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampug telah berkoordinasi dengan Badan Pengawas Kota (Bawasko) untuk memberikan pengetahuan mengenai keuangan dan pembukuan kepada para pengawas, tepatnya pada 18 Januari silam. (MG14/K-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar