Sabtu, 22 Januari 2011

Penggandaan Soal Akhir Januari

Pendidikan Lampost : Jum'at, 21 Januari 2011

UJIAN NASIONAL

JAKARTA (Lampost): Ujian nasional SMP dan SMA atau yang sederajat makin dekat. Proses lelang penggandaan soal mulai dilakukan akhir Januari ini, direncanakan 30 hari sampai 45 hari.

"Proses tender direncanakan akhir Januari hingga Februari, proses lelang ini akan dilakukan secepatnya karena mengejar waktu ujian nasional," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendiknas, Mansyur Ramli, kepada Republika, Kamis (20-1).

Sebagai informasi, ujian nasional (UN) untuk tingkat SMA/MA/SMK dijadwalkan pada 18 April hingga 21 April 2011. Sedangkan UN tingkat SMP/MTs dijadwalkan 25—28 April 2011. Spesifikasi pelelangan masih dibicarakan antara Kementerian Pendidikan dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Menurut Mansyur, untuk tahun ini akan dipertimbangkan lelang secara terpusat ataupun lelang per provinsi. Apalagi mulai tahun ini direncanakan proses lelang di Kemendiknas menggunakan sistem E-Procurement. "Berdasarkan evaluasi tahun lalu, di mana ada ketidakpuasan, kami akan pertimbangan proses cetaknya, semua ada kelebihan dan kekurangan," ujarnya.

Akan tetapi yang paling terpenting dalam spesifikasi tersebut, menurut dia, ada jaminan pengamanan tinggi karena soal UN masuk dalam kategori rahasia negara. "Harus terisolasi dari keramaian dan termasuk distribusinya," kata Mansyur. Proses distribusi tetap akan dikawal pihak kepolisian, tapi ia meminta semua pihak termasuk masyarakat.

Selain proses lelang, pihaknya juga telah menjadwalkan proses percetakan akan dilakukan pada akhir Maret 2011. Jadwal ini dibuat berdekatan dengan waktu UN agar menghindari penyimpangan yang sering terjadi di lapangan. "Proses pendistribusian sering jadi masalah, makanya jaraknya dibuat agar dekat dengan UN," kata dia.

Namun, yang terpenting ialah soal UN harus sampai ke rayon paling lambat satu hari sebelum UN. "Kami harap tidak ada lagi keterlambatan," ujarnya. (S-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar