Senin, 10 Januari 2011

Sekolah Alam Kembangkan PBL

Pendidikan Lampost : Senin, 10 Januari 2011

KURIKULUM

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Menarik minat siswa SMP agar betah berada di kelas, Sekolah Alam Lampung mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan project based learning (PBL). Pembelajaran ini menekankan kemampuan kritis dan analisis siswa.

Pada semester I di kelas VII, siswa diajak berlajar biotechnology project. Yakni, pengenalan pertanian organik mulai dari proses pengolahan lahan, membuat media tanam kompos dari rerumputan, bertanam sayuran bayam hijau dan merah, serta penerapan sistem vertikultur yakni bertanam dengan bertingkat yang berguna bagi kondisi lahan yang sempit. Demikian rilis yang diterima Lampung Post, Minggu (9-1).

Pola pembelajaran semacam ini menjadi menarik. Sebab, kemasan pembelajaran dibuat menyenangkan bagi siswa. Agar tidak bosan dilakukan kunjungan (outing) untuk melihat langsung para praktisi. Kunjungan dilakukan ke Politenik Negeri Lampung (Polnela), kebun hidroponik, pabrik kompos. Bahkan siswa magang di salah satu kebun hidroponik di Bandar Lampung.

"Dengan demikian, pembelajaran yang dilakukan dapat membuka wawasan siswa yang tidak hanya pada pelajaran dan materi saja," kata Julia, salah satu anggota tim jurnalis Sekolah Alam Lampung.

Di sekolah, siswa bertanam sebagai bentuk kepedulian terhadap lahan yang ada sekaligus program yang dilakukan setiap kelas. Kelas VII menanam bayam di lahan dan sawi di green house secara vertikultur.

Pada semester I, siswa bisa dua kali panen untuk bayam dan sekali untuk sawi. Tidak hanya sebatas panen. Mereka juga membuat olahan dari apa yang telah mereka tanam.

Seperti biskuit popeye, yang merupakan produk olahan bayam yang dibuat oleh siswa. Selain itu ada juga minuman Naca yang mereka kombinasikan dengan nanas dan sawi. Olahan ini dijual saat market day yang dilakukan di akhir tahun 2010, tepatnya saat hari Ibu, 22 Desember 2010. "Untungnya lumayan,” kata Shabrina dan Indah, keduanya merupakan pembuat biskuit popeye. (UNI/S-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar