Rabu, 26 Januari 2011

Saatnya SMK Maju

Bintang Pelajar Lampost : Selasa, 25 Januari 2011

DI era globalisasi, perlu keahlian dan keterampilan hidup untuk bersaing di dunia kerja. Untuk itulah kita perlu selektif memilih sekolah. Nah, salah satu pilihan yang cukup selektif adalah memilih sekolah menengah kejuruan (SMK). Mengapa?

SMK merupakan institusi pendidikan yang bertujuan mendidik dan melatih serta memproduksi bibit-bibit siap kerja atau siap saing.

Apa keunggulan SMK dibandingkan intitusi pendidikan lain? Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMKN 1 Seputihagung, Lampung Tengah, Widiyanto mengatakan SMK memiliki banyak kelebihan, di antaranya pelajaran yang diberikan lebih banyak. Di SMK, siswa tidak hanya belajar pelajaran umum, seperti Fisika, Matematika, Biologi, Ekonomi, PPKn, dan lainnya, tapi juga memperdalam keahlian tertentu. Penguasaan keahlian dan keterampilan ini disesuaikan dengan jurusan yang dipilih siswa, misalnya teknik mesin, teknik otomotif, tata boga, dan lainnya. Karena itu, dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi dari siswa kalau ingin lulus dengan predikat yang baik. Penguasaan keahlian dan kedisiplinan yang tinggi menjadi modal bagi siswa untuk bersaing menghadapi kerasnya persaingan di dunia kerja.

Untuk ujian kelulusan, misalnya, siswa SMK tidak hanya harus lulus ujian nasional (UN), tapi juga harus lulus ujian kompetensi keahlian sesuai jurusan masing-masing. Kompetensi keahlian ini juga tidak main-main, SMK bekerja sama dengan pihak perusahaan untuk menguji dan menetapkan standar keahlian nasional.

"Inilah kelebihan sekolah di SMK, siswa tidak hanya mempelajari pengetahuan umum, tetapi juga di latih untuk menguasai keterampilan dan keahlian khusus," kata Widiyanto. Sehingga, ketika siswa lulus, mereka sudah siang kerja dan siap pakai.

Menyadari keunggulan sekolah kejuruan ini, Presiden SBY mencanangkan program SMK untuk kemajuan bangsa. Dengan jumlah populasi manusia yang terus meningkat setiap tahunnya dan dengan posisi ke-4 penduduk terpadat di dunia, pemerintah ditantang untuk menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyak. Karena itu, pemerintah mengimbau masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah kejuruan. Pemerintah menggalakkan program 70% SMK dan 30% SMA.

Nah dengan kelebihan SMK dibanding sekolah lain, tentu kita bisa lebih selektif memilih jalan kita kelak. Ayo ke SMK!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar