Minggu, 06 Februari 2011

TANGGAP BENCANA: Pelajar SMA Diberikan Pelatihan

Ruwa Jurai Lampost : Senin, 7 Februari 2011

PANARAGAN (Lampost): Puluhan pelajar SMA se-Tulangbawang Barat mengikuti pelatihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan di SMAN 1 Tulangbawang Tengah, Minggu (6-2). Pelatihan dasar itu terlaksana atas kerja sama SMAN 1 Tulangbawang Tengah dan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Lampung. Pelatihan dibuka Kepala SMAN 1 Tulangbawang Tengah Sirdin Efendi, dihadiri Ketua BSMI Lampung Ns. Mi'roji dan Tim Pemuda Pelestarian Lingkungan (Pelangi) kabupaten setempat.

Selain mendapatkan pelatihan secara teori, para pelajar juga mendapatkan pelatihan langsung yang dibimbing instruktur dari BSMI dan Tim Pelangi, terkait dengan penanganan korban bencana alam secara dasar. Ketua BSMI Lampung Ns. Mi'roji mengatakan pelatihan kepada pelajar SMA ini sangat penting dilakukan karena pelajar lebih mudah diarahkan dalam menguasai teknik dasar mengenai penanggulangan bencana alam.

"Kegiatan ini sangat positif dilakukan di lingkungan pelajar. Mengingat, Indonesia merupakan kawasan yang rawan bencana alam. Hasil kegiatan secara singkat ini diharapkan dapat menjadi modal dasar untuk melakukan pertolongan pertama terhadap korban yang terkena bencana di kabupaten ini," kata dia.

Sementara itu, Sirdin Efendi mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat membantu pelajar untuk mengetahui dan menguasai keterampilan teknik dalam tindakan pertolongan pertama sebelum diberikan pertolongan medis.

"Hasil kegiatan ini bisa diterapkan sewaktu-waktu terjadi musibah bencana alam, baik di kabupaten maupun di daerah lain. Serta dapat melakukan pertolongan kepada korban kecelakaan lalu lintas," ujarnya. (CK-6/D-3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar