Sabtu, 05 Februari 2011

Melukis Dapat melatih Konsentrasi Anak

Pendidikan Lampost : Jum'at, 4 Februari 2011

MEMBANGUN KREATIVITAS ANAK

BANDAR LAMPUNG (Lampost) : Melukis ternyata dapat melatih konsentrasi anak. Dengan melukis, anak menjadi lebih fokus terhadap yang dilakoninya.

Demikian dikatakan Papa Joe, pembina Sanggar Lukis Papa joe Art Painting, dalam pelatihan melukis bagi guru TK, SD hingga SMP se-Provinsi Lampung di Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Rabu (2-2).

"Melukis itu aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi. Mereka yang biasa melakukan aktivitas melukis akan terbiasa memfokuskan pikiran mereka secara penuh terhadap objek yang tengah dilukisnya," kata dia.

Maka tak jarang, kata Papa Joe, ketika orang sedang melukis, ia seperti asyik dengan dunianya sendiri. Tak tergubris dengan aktivitas lain di sekitarnya. Menurut dia, melukis tak hanya persoalan art dan kreativitas semata, tetapi juga soal memfokuskan pikiran.

Papa Joe juga menyatakan melukis bukanlah persoalan rumit seperti yang dibayangkan orang. Melukis itu mudah jika orang mengetahui langkah-langkah dalam melukis. Tidak serta-merta sebuah hasil lukisan itu jadi begitu saja.

Ia mencontohkan untuk menggambar orang atau binatang itu tidak bisa digambar sekaligus, tetapi harus bertahap. Diawali dari garis postur yang proposional kemudian diikuti dengan garis lengkung, barulah diikuti detail-detail lain hingga menjadi lukisan secara utuh.

"Selain menjadikan kegiatan yang bersifat hobi, melukis juga dapat dijadikan sebagai aktivitas yang dapat menghasilkan income bagi mereka yang secara tekun menggelutinya," kata dia.

Secara terpisah, Indriani Dewi, kepala Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Fitrah Insani, selaku penyelenggara kegiatan, menyatakan pelatihan dilakukan dalam rangka menyambut hari jadi lembaganya yang kedua, tepatnya pada 2 Februari ini.

"Selain melakukan pelatihan melukis bagi guru, kami juga menggelar lomba menggambar dan mewarnai bagsi siswa TK dan PAUD se-Bandar Lampung, ditargetkan akan diikuti oleh 200 siswa TK dan PAUD se-Bandar Lampung," kata dia.

Sementara kegiatan pelatihan melukis ini diikuti oleh 105 guru se-Provinsi Lampung. Dengan kegiatan ini diharapkan para guru dapat memiliki kemampuan melukis dan dapat diteruskan ke anak-anak didik mereka di sekolah. (MG14/S-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar