Sabtu, 05 Februari 2011

4 Kecerdasan Mengantar Orang Menjadi Sukses

Pendidikan Lampost : Jum'at, 4 Februari 2011

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Untuk bisa sukses dalam hidup, ada empat kecerdasan yang sebaiknya dikuasai, yaitu spiritual quotients (kecerdasan spiritual), physical quotients (kecerasan fisik), emotional quotients (kecerdasan emosi), dan intelegent quotients (kecerdasan intelektual).

Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Teknokrat Hernaini mengungkapkan hal itu dalam pembukaan Scientific Seminar 2011 bertema Read and write, gian your future, di aula PT Teknokrat, Rabu (2-2).

Menurut Hernaini, selama ini masyarakat hanya mengenal tiga kecerdasan, yaitu SQ terakit dengan nurani, keimanan, niat ikhlas dan rendah hati. Kemudian, EQ yang terakit dengan gairah, empati, berkarakter, kontrol, optimisme, dan humor.

Kemudian, IQ yang berhubungan dengan keteladanan, performa yang tinggi/berkualitas, inovasi, dan memiliki perspektif masa depan. "Sedang PQ terkait dengan displin, kesehatan, kehormatan, dan realistis," ujarnya.

Dia mengatakan seseorang boleh saja bermimpi setinggi langit, tetapi juga harus realistis. Artinya, jangan bermimpi mendapat IPK 4,00 tetapi enggan belajar. Akibatnya, untuk mendapatkan nilai tinggi, kemudian seorang mahasiswa mencontek. "Jadi, kalau bermimpi mendapat IPK tinggi, ya harus rajin belajar," kata dia.

Seminar yang berlangsung sehari tersebut diikuti 250 peserta dari berbagai SMA/SMK/MA di Bandar Lampung. Kegiatan ini menghadirkan beberapa pembicara Ayu Feby Ismawanti yang membawakan makalah berjudul Crazy about reading? why not. Kemudian, Budi Eko Pranoto dengan makalah berjudul Writing scares you so much? Let's conquers it. (UNI/S-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar