Rabu, 02 Februari 2011

Minat Menjadi Mahasiswa Ushuluddin Rendah

Pendidikan Lampost : Selasa, 1 Februari 2011



RAKER

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Salah satu masalah yang dihadapi Fakultas Ushuludin IAIN Raden Intan adalah minimnya minat calon mahasiswa mendaftarkan diri ke fakultas tersebut. Akibatnya, jumlah mahasiswa di fakultas tersebut dari tahun ke tahun terus menurun.

Dekan Fakultas Ushuludin IAIN Raden Intan Dr. M. Baharudin mengungkapkan hal itu pada pra-Rapat Kerja Fakultas Ushuludin, di aula setempat, Senin (31-1).

"Persoalan yang kita hadapi saat ini, krisis minat calon mahasiswa, kemudian belum teraplikasikannya sistem komputerisasi terpadu," kata M. Baharudin di hadapan peserta dan Rektor IAIN M. Mukri yang hadir dalam kegiatan tersebut. Praraker diikuti 20 peserta yang berasal dari pimpinan fakultas, yakni para pembantu dekan, kasubag, dan kepala laboratorium.

Untuk mengundang calon mahasiswa, menurut Baharudin, pihaknya memberikan insentif berupa uang transpor sebesar Rp50 ribu/mahasiswa kepada mereka yang mengajak mahasiswa masuk ke fakultas tersebut. Ini berarti jika tahun ini pihaknya akan mencari 200 mahasiswa, dana transpor yang harus disiapkan sebesar Rp10 juta. Oleh sebab itu, pihaknya meminta dukungan Rektor agar program menarik minat mahasiswa baru bisa berjalan dengan baik.

Menurut Baharudin, kegiatan ini dalam rangka penyusunan rencana bisnis anggaran (RBA) tahun 2010—2011 yang nantinya akan diusulkan kepada institut sebagai bahan penyusunan RBA.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Abdurahman Simpi mengatakan kegiatan ini bertema Sebagai badan layanan umum Fakultas Ushuludin siap melakukan pembenahan.

Rektor M. Mukri dalam sambutannya mengatakan tugas para dosen dan pegawai di lingkungan Fakultas Ushuludin adalah bekerja sebaik-baiknya. "Ada atau tidak mahasiswa di Ushuludin jangan memengaruhi kinerja kawan-kawan. Sebab, sebagai PNS dan perguruan tinggi negeri gaji dosen tidak tergantung pada jumlah mahasiswa," kata Mukri.

Ia mengajak kepada dosen untuk memperbaiki kinerja, menjaga kebersihan, dan memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa. Hal itu diharapkan akan memberikan efek positif sehingga banyak calon mahasiswa yang kemudian mendaftarkan diri di fakultas ini. (UNI/S-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar