Kamis, 10 Februari 2011

82 Siswa SMK ikuti LKS

Pendidikan Lampost : Selasa, 8 Februari 2011

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sebanyak 82 siswa dari 41 SMK se-Bandar Lampung mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2011, Senin (7-2).

Sekretaris Kegiatan Maryadi Saputra mengatakan lomba ini adalah event tahunan yang diselenggarakan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se-Bandar Lampung sejak 1996.

"Kegiatan ini sebagai ajang pendidikan dan peningkatan kompetensi siswa SMK se-Bandar Lampung. Melatih siswa lebih terampil dalam pembelajaran sesuai dengan bidangnya. Melatih sikap sportif dalam iklim kompetitif dan meningkatkan kekeluargaan antarsiswa SMK," kata dia.

Ia menjelaskan peserta yang mengikuti LKS adalah siswa SMK negeri maupun swasta terbaik, yang merupakan perwakilan dari setiap sekolah dengan satu sekolah satu siswa satu pembimbing untuk satu cabang keahlian yang dilombakan.

Sementara untuk format kompetisi yang dipertandingkan, ia mengatakan meliputi teori dan praktek pada bidang keahlian, dengan sistem penilaian nilai tertinggi. Setiap siswa membawa perangkat dan peralatan, termasuk komputer dari sekolah masing-masing.

Perlombaan meliputi kelompok bisnis dan manajemen, kelompok teknologi dan kelompok pariwisata. Bertempat di SMKN 3, SMKN 2, SMK 2 Mei, SMKN 3, SMKN 4, SMKN 5, dan SMK Krida Wisata Bandar Lampung. Juara I pada setiap kelompok perlombaan akan menjadi wakil Bandar Lampung pada ajang serupa tingkat provinsi.

"Agar pertandingan berlangsung sportif dan objektif, kami menggunakan juri dari praktisi. Sebanyak 18 stakeholder kami libatkan sebagai juri, di antaranya Ikatan Sekretaris Lampung, Supermarket Chandra, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Polinela, Unila, Daihatsu, Suzuki, Hotel Sheraton, dan Bengkel Berkah Kedaton. (MG14/S-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar