Jumat, 08 April 2011

MUTU PENDIDIKAN: Metro Jadi Tolok Ukur Pendidikan

Pendidikan Lampost : Kamis, 7 April 2011


METRO (Lampost): Unila akan mendukung Kota Metro untuk dijadikan tolok ukur pendidikan di Lampung. Pasalnya, Metro dinilai memiliki potensi besar untuk dijadikan kota pendidikan. Hal itu terungkap pada audiensi Unila dengan Pemkot Metro di ruang kerja Wali Kota, Selasa (5-4).

Hadir dari Unila, yakni Dekan FKIP Bujang Rahman, Mulyanto (Kepala Unit Data), Abdurahman, dan dosen Unila yang juga manta Kabid Dikdas Metro Sowiyah.

Sementara dari Pemkot hadir Wali Kota Lukman Hakim, Asisten II Waluyo, Kadis Pendidikan Haidar, dan pengamat pendidikan Kota Metro yang juga mantan Rektor UMM, Marzuki Noor.

Keinginan Unila untuk menjadikan Metro tolok ukur, setelah melihat adanya komitmen yang kuat dari Pemkot, dengan melihat indikator maupun berkembang pesatnya akses pendidikan di kota ini. Selain itu, dengan mengalokasikan anggaran di bidang pendidikan yang mencapai 44% dan itu terbesar di Lampung.

Selain itu, Unila juga menilai sumber daya manusia di Metro relatif lebih baik di banding daerah lainnya di Lampung. Untuk itu, Unila ingin menjalin kerja sama dengan Pemkot Metro yang bertujuan menjadikan Metro tolok ukur pendidikan di Lampung.

Juga terungkap rencana konsep, di antaranya manajemen berbasis sekolah, pengembangan guru, perluasan akses ke perguruan tinggi, dan pengembangan masyarakat belajar.

Wali Kota menyambut baik dan mengucapkan apresiasi keinginan Unila untuk menjalin kerja sama dan menjadikan Metro kota pendidikan. Wali Kota mengakui adanya peningkatan dari tahun ke tahun, bahkan sejumlah indikator sudah tampak.

Selain itu, komitmen masyarakat pun mendapat sambutan untuk mewujudkan pendidikan yang unggul dengan masyarakatnya yang sejahtera. Namun, ia mengakui memang masih ada sejumlah kendala sehingga diperlukan adanya peningkatan wawasan para guru dan guru berkualitas. (CAN/S-2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar