Sabtu, 30 April 2011

HARI JADI: UML Teguhkan Sikap Cerahkan Bangsa

Pendidikan Lampost : Jum'at, 29 April 2011





BANDAR LAMPUNG (Lampost): Universitas Muhammadiyah (UM) Lampung meneguhkan sikap sebagai gerakan pencerahan untuk menciptakan karakter bangsa cerdas dan bermartabat melalui dunia pendidikan.

Hal itu disampaikan Rektor UM Lampung Agus Pahrudin pada peringatan hari lahir ke-24 UML, di aula K.H. Ahmad Dahlan, lantai III kampus setempat, Kamis (28-4).

Rektor mengemukakan karaker buruk yang menggejala di masyarakat menandai kondisi kehidupan sosial budaya kita telah berubah dramatis dan fantastis.

Bangsa yang sebelumnya dikenal sebagai bangsa penyabar, ramah, penuh sopan santun, dan pandai berbasa-basi, sekonyong-konyong menjadi pemarah, suka mencaci, pendendam, membakar manusia hidup-hidup di keramaian kota, mutilasi, perang atarkampung, dan suku dengan tingkat kekejaman yang biadab.

Dalam tiga dekade ini, menurut Agus, Indonesia mengalami proses kehilangan, mulai dari kehilangan dalam aspek alam fisik, alam hayati, alam manusia, dan budayanya. “Kami kehilangan segala-galanya, termasuk kehilangan karakter sebagai bangsa.”

Dengan berbagai persoalan ini, rektor memandang perlunya upaya meneguhkan kembali sikap Muhammadiyah sebagai gerakan pencerahan pencipta karakter bangsa yang cerdas dan bermartabat.

Rektor mengingatkan hakikat pendidikan adalah upaya sadar dan sistematis yang dilakukan tidak hanya untuk memanusiakan manusia, tetapi juga agar manusia menyadari potensinya sebagai khalifah di muka bumi yang pada gilirannya menjadikan mansuia bertakwa, beriman, berilmu, dan beramal saleh.

Berdasar prespektif yang dipaparkan, UM Lampung berupaya melakukan peningkatan kinerja pendidikan dengan dua pilar utama, yakni peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing serta meningkatkan tata kelola, pencitraan publik di masyarakat.

UM Lampung resmi berdiri 24 April 1987, berdasar surat kopertis nomor 1087/BL.03.02/Kop.III/87 dengan akta notaris boor 183 tanggal 24 April 1987. UM Lampung memiliki empat fakultas; Teknik, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik, Psikologi, dan Tarbiyah. (MG14/S-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar