Sabtu, 09 April 2011

Jurus Jitu Menghadapi Ujian Nasional (Bagian 1)

Pendidikan Lampost : Sabtu, 9 April 2011

Slamet Harianto
Duru SMAN 1 Metrokibang, Lampung Timur

PELAKSANAAN ujian nasional (UN) pada tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliah (MA) sederajat tahun pelajaran 2010—2011 dilaksanakan pada 18—23 April 2011 yang akan datang. Artinya, tinggal beberapa minggu lagi peserta didik akan melaksanakan UN.

Sungguh pun ujian nasional bukan hal yang baru, tetapi tidak sedikit sekolah yang merasa khawatir terhadap kelulusan peserta didiknya. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya karena luasnya materi dan kurangnya waktu belajar di sekolah. Ditambah lagi rendahnya minat belajar peserta didik dan permasalahan lainnya.

Untuk menjawab permasalahan di atas, akhirnya muncul berbagai strategi untuk menghadapi UN di berbagai sekolah yang diterapkan para guru dan peserta didiknya.

Menyikapi bagaimana menghadapi UN, penulis memiliki lima jurus untuk menghadapinya, yaitu:

1. Materi UN mengandung unsur UKRK

Maksudnya materi yang dikeluarkan dalam UN mengandung unsur urgensi, kontinuitas, relevansi, dan keterpakaian.

Urgensi artinya penting, atau materi itu mutlak harus dikuasai peserta didik di setiap tingkatan. Kalau tidak menguasai peserta didik akan mengalami kesulitan di tingkat selanjutnya atau materi berikutnya. Materi ini umumnya ada di ruang lingkup setiap mata pelajaran.

Misalnya mata pelajaran Biologi materi yang urgensi adalah sel, jaringan, organ, anatomi dan fisiologi tumbuhan dan hewan, anatomi dan fisiologi tubuh manusia, metabolisme, genetika, hereditas manusia, evolusi, bioteknologi, virus, bakteri, jamur, alga, dan materi lainnya.

Kontinuitas artinya materi itu berkesinambungan, materi di kelas XI untuk level SMA merupakan pendalaman materi dari kelas X dan materi kelas XII merupakan lanjutan dari materi di kelas XI, dan seterusnya ke jenjang lebih tinggi ke perguruan tinggi.

Relevansi artinya materi yang memiliki keterkaitan dengan materi pelajaran lain. Misalnya, materi hereditas manusia pada Biologi memiliki keterkaitan dengan mata pelajaran Agama, Kimia, Sosiologi, Matematika, PKn, dan pelajaran lainnya. Itulah sebabnya materi hereditas manusia selalu dikeluarkan dalam soal UN. n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar