Selasa, 24 Mei 2011

STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung



Dasar dan Sejarah Singkat.

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Pringsewu Lampung menyadari posisi dan amanah yang menjadi tanggungjawabnya sebagai institusi Pendidikan Tinggi Islam dan kelangsungan amal usaha Muhammadiyah. Sebagai lembaga pendidikan jenjang tertinggi STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung diharapkan dapat menyiapkan pemimpin-pemimpin yang berpengetahuan untuk masa depan. Untuk itu, lembaga ini sejak awal menyatakan tidak ingin menyiapkan pemimpin yang terpisah dari yang dipimpinnya. Watak menyatu dengan umat menjadi cita kepemimpinan lembaga ini. Pemimpin berpengetahuan untuk masa depan bukan terbatas kepada pembekalan ilmu dan teknologi yang mungkin disajikan parsial, melainkan dicitakan agar dengan aksentuasi keahlian yang beragam sesuai dengan program masing-masing, tetap dalam integrasi berbagai sumber pengetahuan, yaitu: firman Allah, teori/ilmu, nilai-nilai budaya manusia, dan teknologi. Cita ilmiah lembaga ini memandang bahwa pengetahuan yang diperoleh tidak berharga bila tidak dalam tekad diamalkan sebagai perbuatan amal soleh, mengamalkan ilmu berlandaskan akidah Islam, dalam semangat akhlak mulia demi kemaslahatan umat.

Bidang garapan sekaligus pengembangan bertahap dari Caturdharma Perguruan Tinggi secara simultan dengan prioritas antartahap perlu dikerjakan. Konsolidasi mekanisme dan organisasi pengembangan program studi sesuai dengan apa yang diantisipasi tentang perkembangan ilmu masa depan perlu terus menerus kita kerjakan. Pengembangan jasa ilmiah dan jasa ilmiah dalam integrasi wahyu Allah, ilmu, nilai budaya dan teknologi perlu menjadi cita ilmiah lembaga ini. Bertolak dari landasan pemikiran tersebut, pola ilmiah Pokok STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional, dan beramal menuju terwujudnya masyarakat utama adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT.
2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

Adapun pedoman untuk mencapai tujuan tersebut berorientasi pada : Tujuan Pendidikan Nasional UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor : 20 Tahun 2003, Tujuan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, PP. 60 tahun 1999 tentang pendidikan tinggi, dan Qaidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Pringsewu Lampung sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) merupakan kelanjutan dari Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STIP) Pringsewu. Adapun Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Pringsewu Lampung merupakan kelanjutan dari Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (FIS) Universitas Muhammadiyah Jakarta cabang Teluk Betung. Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (FIS) Universitas Jakarta cabang Teluk Betung didirikan pada tanggal 28 Februari 1968 di Teluk Betung. Pada bulan Mei 1969, semua kegiatan FIS Universitas Muhammadiyah Jakarta cabang Teluk Betung dipindahkan ke Pringsewu Lampung Selatan. Pada tahun 1973, berdasarkan peraturan Kopertis Wilayah II Jakarta Nomor: 192/KPT/II/1973 tanggal 28 Maret 1973, FIS Universitas Muhammadiyah Jakarta cabang Teluk Betung tidak menerima mahasiswa lagi. Dengan demikian, FIS Muhammadiyah Jakarta cabang Teluk Betung dinyatakan ditutup. Namun, demikian FIS Universitas Muhammadiyah Jakarta cabang Teluk Betung telah melaksanakan ujian Sarjana Muda lokal dan negara sebanyak tiga kali serta telah meluluskan Sarjana Muda Negara sebanyak 49 orang dengan Jurusan Kesejahteraan Sosial.

Dalam rangka merumuskan amal usaha Muhammadiyah, atas persetujuan Direktur Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STIP) Muhammadiyah Metro Lampung Tengah dengan status terdaftar pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 69/DPT/B/1973, tanggal 27 Agustus 1973, pada Tahun Akademik 1975/1976 membuka kelas jauh Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial (FIS) di Pringsewu Lampung Selatan. STIP Muhammadiyah Pringsewu kelas jauh STIP Muhammadiyah Metro Lampung Tengah yang telah mendapat simpati dari masyarakat berupaya untuk terus mempertahankan eksistensinya, dengan persetujuan Gubernur KDH Tingkat I Lampung, Bupati KDH Tingkat II Lampung Selatan, Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Lampung, dan Universitas Lampung, keberadaannya diakui berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah II Jakarta Nomor: 42 tahun 1979 tanggal 02 April 1979, dengan sebutan STIP Muhammadiyah Metro dan Pringsewu Lampung. Selanjutnya terdaftar pada Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majelis Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan, pada tanggal 27 Syawal 1399 H/19 September 1979 M, Nomor: 024/III-LP-75/1979.



Visi, Misi dan Tujuan

Visi
Terwujudnya STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung menjadi lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) Islam berstandar nasional pada tahun 2017 dengan lulusan bermutu berdaya saing tinggi mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui catur dharma perguruan tinggi berbasis teknologi informasi



Misi

1. Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran secara efektif.
2. Melaksanakan penelitian di bidang ilmu kependidikan dengan melibatkan semua unsur civitas akademika.
3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat di bidang ilmu kependidikan.
4. Melaksanakan pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan bagi segenap civitas akademika.
5. Meningkatkan kapasitas kelembagaan secara berkelanjutan.

Tujuan

1. Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia yang memiliki kopetensi pendidik secara utuh menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT.
2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia pada umumnya melalui jalur pendidikan.
3. Menyiapkan peserta didik yang memiliki dan menguasai ilmu pengetahuan kependidikan dan keguruan baik secara kuantitatif maupun kualitatif sebagai dasar keterampilan terjun ke masyarakat dalam profesi pendidik.
4. Menyiapkan peserta didik tidak hanya menjadi sarjana pendidikan yang profesional dibidangnya namun juga mahir dalam mengeksplorasi teknologi komputerisasi dan informatika..
5. Mengupayakan konseptualisasi ajaran Islam dan Kemuhammadiyahan; dan khazanah pemikiran Islam dan Kemuhammadiyahan agar dapat diaktualisasikan secara operasional ke dalam berbagai permasalahan dan kehidupan sosial yang dinamik.
6. Mengoptimalkan peran STKIP Muhammadiyah Pringsewu sebagai Amal Usaha Muhammadiyah yang bergerak di bidang pendidikan dalam upaya penciptaan masyarakat madani, maju, dan mandiri.

Perkembangan Status PT.

STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung menyelenggarakan tiga program studi dan ketiga program studi tersebut telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Keputusan sebagai berikut:

1. Program Studi Pendidikan Matematika terakreditasi dengan SK Nomor: 002/BAN-PT/Ak-II/XII/1998.
2. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan SK Nomor: 07463/AK-II.1/SK/DPMS/XII/1998.

Pada periode berikutnya, yaitu pada tahun 2002 ketiga program studi terakreditasi ulang yakni:

1. Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB atau BK) SK Nomor: 012/BAN-PT/AK-IV/VI/2000 tanggal 23 Juni 2000 dengan nilai B.
2. Program studi pendidikan Matematika 009/BAN-PT/Ak.IV/2002 tanggal 20 mei 2002 dengan nilai C
3. Program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 004/BAN-PT/Ak.IV/2002 tanggal 5 April 2002 dengan nilai C

Pada tahun 2005 ketiga program studi dalam jangka waktu hampir bersamaan telah terakreditasi dengan nilai B.
Masing-masing dari ketiga program studi tersebut adalah:

Program Studi : Pendidikan Matematika
Surat Keputusan Akreditasi : 014/BAN-PT/Ak- IX/S1/VIII/2005
Tanggal : 4 Agustus 2005
Nilai Akreditasi : B

Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Surat Keputusan Akreditasi : 010/BAN-PT/Ak.- IX/S1/VII/2005
Tanggal : 7 Agustus 2005
Nilai Akreditasi : B

Program Studi : Psikologi Pendidikan dan Bimbingan/ BK
Surat Keputusan Akreditasi : 015/BAN-PT/Ak- IX/S1/VIII/2005
Tanggal : 25 Agustus 2005
Nilai Akreditasi : B

Berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2009 ketiga program studi pada STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung mendapat perpanjangan ijin program studi dengan rincian sebagai berikut :

a. Program Studi : Pendidikan Matematika

Ijin Prodi : 2728/D/T/K-II/2009
Tanggal : 07 Juli 2009
Berlaku s.d. : 19 Agustus 2012

b. Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ijin Prodi : 2761/D/T/K-II/2009
Tanggal : 09 Juli 2009
Berlaku s.d. : 27 Oktober 2012

c. Program Studi : Psikologi Pendidikan dan Bimbingan/ BK

Ijin Prodi : 2760/D/T/K-II/2009
Tanggal : 09 Juli 2009
Berlaku s.d. : 27 Oktober 2012


Sumber : stkippringsewu.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar