Kamis, 12 Mei 2011

PRESTASI: 5 Siswa SMAN 2 Tulis 'Buku Penting SMA'

Pendidikan Lampost : Kamis, 12 Mei 2011





BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lima siswa SMAN 2 Bandar Lampung menulis Buku Penting SMA. Kelima siswa itu adalah Muhammad Ikhwan Hastanto, Fahrell Febbrio Giovanny, Muhammad Darmawan Cherlanda, Rinta Wulandari, dan Aisya Rachmadieny. Ikhwan, Fahrell, Darmawan, dan Rinta sedang menunggu kelulusan, sedangkan Aisya sebagai ilustrator masih duduk di kelas X.

Rinta, juru bicara tim penulis, kemarin, mengatakan buku ini berisi panduan sederhana hidup di masa SMA. Dengan bahasa yang mudah dipahami dan gaul, kelimanya memberikan kiat soal belajar, cara bergaul, kegiatan ekstrakurikuler, dan persiapan menuju perguruan tinggi.

Rinta mengatakan buku mereka dibikin dengan seleksi ketat yang diadakan editor Nazaruddin, pemilik penerbitan Good Idea, yang juga alumnus SMAN 2 tahun 1985.

Awalnya, kata Rinta, penerbit mengadakan seleksi atas ratusan draf yang masuk. Dari sana, terpilih empat karya yang dianggap layak untuk diteruskan dalam format buku.

"Alhamdulillah karya kami berempat yang terpilih. Setelah itu selama lima bulan kami menulis buku itu dengan supervisi editor Nazaruddin dari penerbit Good Idea. Karena butuh ilustrator, akhirnya terpilih siswa kelas X, Aisya," kata Rinta.

Rinta mengatakan setelah lima bulan, buku mereka terbit. Rinta menjelaskan di Bandar Lampung buku mereka akan dipasarkan bulan depan. "Memang kalau di Bandar Lampung belum. Tapi, di Jabodetabek dan Yogyakarta sudah dan penjualannya bagus. Kami juga diberi 200 eksemplar untuk belajar menjual," kata putri Syaifuddin Dany dan Mardiana ini.

Rinta menambahkan semua tim penulis dan ilustrator ini memang senang membaca dan menulis serta berorganisasi. Fahrell, kata Rinta, bahkan sempat menjadi duta Indonesia di ajang internasional Pramuka di Malaysia. Rinta sendiri sempat menjadi penyiar di Pro2 FM. Ia berharap buku mereka ini bisa menjadi bacaan yang menginspirasi semua pelajar agar berprestasi di sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan tempat tinggal. (UNI/S-2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar