Selasa, 14 Juni 2011

WISUDA: Unila Sudah Mencetak 71.846 Sarjana

Pendidikan Lampost : Rabu, 15 Juni 2011




BANDAR LAMPUNG (Lampost): Universitas Lampung (Unila) kembali mewisuda 977 mahasiswanya, Selasa (14-6). Sejak berdiri pada 1965, perguruan tinggi negeri ini telah melahirkan 71.846 sarjana.

Rektor Universitas Lampung Sugeng P. Harianto dalam sambutannya di hadapan para tamu dan undangan menjelaskan 977 wisudawan periode ke empat tahun ajaran 2010—2011 itu dari berbagai jenjang kuliah, fakultas, dan program studi berbeda.

"Sebanyak 121 orang lulusan magister, 17 lulusan profesi, 729 lulusan program sarjana reguler, 111 orang ahli madya, 1 orang ahli muda, baik yang diselenggarakan secara reguler dan nonreguler," kata Rektor.

Ia mengatakan Unila meluluskan mahasiswanya empat kali dalam setahun, yaitu September, Desember, Maret, dan Juni. Bulan ini merupakan periode pertama tahun ajaran 2010—2011. Biasanya, pada periode pertama, September dan periode kedua Desember, wisudawan Unila mencapai ribuan orang. Sedangkan di bulan Maret dan Juni jumlahnya tak mencapai angka ribuan. Karena kelulusan dari program Diploma itu paling banyak pada periode pertama dan kedua.

"Selain itu, kami juga telah memilih wisudawan terbaik dari berbagai jenjang program studi dan fakultas yang ada. Dari terbaik untuk tingkat fakultas maupun universitas. Mereka merupakan hasil seleksi panitia wisuda tingkat fakultas dan panitia seleksi tingkat universitas," kata Sugeng.

Sugeng mengatakan wisudawan terbaik dinilai berdasarkan berkas yang mereka kumpulkan. Untuk penilaian akan dilihat dari beberapa fraktor. Penilaian berdasarkan IPK menyumbang 50% dari bobot penilaian, masa studi menyumbang 25%, sisanya 25% dari aktivitas kemahasiswaan. Bobot 25% untuk kegiatan kemahasiswaan menunjukkan Unila sangat mengapresiasi mahasiswanya yang memiliki pengalaman berorganisasi.

Rektor mengatakan sepanjang bulan Juni hingga Juli nanti Universitas Lampung melakukan penerimaan mahasiswa baru, baik dari jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri jalur undangan maupun tulis; penerimaan bibit unggul daerah, ujian masuk lokal hingga program perluasan akses pendidikan bagi masyarakat kurang mampu.

"Berdasarkan jumlah peminat dapat kami katakan setiap tahun peminat Universitas Lampung terus bertambah. Hal ini tentunya akan meningkatkan persaingan antarpeserta yang bermanfaat bagi meningkatnya input yang kami miliki," kata dia. (MG1/S-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar