Senin, 06 Februari 2012

CONTOH latar belakang MAKALAH PAI


Pendidikan Islam pada intinya adalahsebagai wahana pembentukan manusia yang bermoralitas tinggi. Di dalam ajaranIslam moral atau akhlak tidak dapat dipisahkan dari keimanan. Keimananmerupakan pengakuan hati. Akhlak adalah pantulan iman yang berupa perilaku,ucapan, dan sikap atau dengan kata lain akhlak adalah amal saleh. Iman adalahmaknawi (abstrak) sedangkan akhlak adalah bukti keimanan dalam bentuk perbuatanyang dilakukan dengan kesadaran dan karena Allah semata.
Berkaitan dengan pernyataan di atasbahwa akhlak tidak akan terpisah dari keimanan, dalam al-Qur'an juga seringdijelaskan bahwa setelah ada pernyataan “orang-orang yang beriman,” makalangsung diikuti oleh “beramal saleh.” Dengan kata lain amal saleh sebagaimanifestasi dari akhlak merupakan perwujudan dari keimanan seseorang. Pemahamanmoralitas dalam bahasa aslinya dikenal dengan dua istilah yaitu al-akhlaqal-karimah dan al-akhlaq al-mahmudah. Keduanya memiliki pemahaman yang samayaitu akhlak yang terpuji dan mulia, semua perilaku baik, terpuji, dan muliayang diridlai Allah.

Satu masalahsosial/kemasyarakatan yang harus mendapat perhatian kita bersama dan perluditanggulangi dewasa ini ialah tentang kemerosotan akhlak atau dekadensi moral.
Di sampingkemajuan teknologi akibat adanya era globalisasi, kita melihat pula aruskemorosotan akhlak yang semakin melanda di kalangan sebagian pemuda-pemudakita. Dalam surat-surat kabar sering kali kita membaca berita tentangperkelahian pelajar, penyebaran narkotika, pemakaian obat bius, minuman keras,penjambret yang dilakukan oleh anak-anak yang berusia belasan tahun,meningkatnya kasus-kasus kehamilan dikalangan remaja putrid dan lainsebagainya.
Hal tersebutadalah merupakan suatu masalah  yang dihadapi masyarakat yang kini semakinmarak, Oleh kerena itu persoalan remaja seyogyanya mendapatkan perhatian yangserius dan terfokus untuk mengarahkan remaja ke arah yang lebih positif, yang titik beratnya untuk terciptanya suatu sistem dalam menanggulangikemerosotan akhlak dan moral dikalangan remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar