Minggu, 04 Desember 2011

UKM Penelitian UNNES menyabet juara 2 kategori lembaga UKM best performance tingkat Nasional

Berbekal Visi menjadi wadah penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pembinaan keilmiahan, serta kreativitas mahasiswa unnes menuju kampus research berbasis konservasi dalam rangka memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat, menjadikan UKM Penelitian menyabet juara 2 kategori lembaga UKM best performance yaitu Kategori ini menggambarkan profesionalisme organisasi sebagai salah satu indikator organisasi yang berkualitas dalam penelitian. Kategori ini dinilai dari kerapihan struktur kepengurusan, kesinambungan sistem kaderisasi,  pemeliharaan jaringan yang dimiliki, dan Hasil penelitian serta bagaimana aplikasi penelitian bagi masyarakat.

    
      Ini terbukti bahwa eksistensi UKM Penelitian mendukung kampus konservasi bertaraf internasional dengan Jurnal Essai Konservasi dan desa binaan dalam pengaplikasian penelitiannya menjadikan UKM Penelitian UNNES menyabet juara 2 dibawah Forces IPB sebagai juara 1 kategori best of the best, disusul dengan juara 3 kategori best contributive oleh Universitas Negeri Makasar dan juara 4 kategori Research dan Publication diraih oleh Gama Cendikia UGM. Hal ini terlihat jelas walaupun UKM Penelitian Unnes berdiri baru 3 tahun, namun UKM Penelitian UNNES menjadi kiblat para lembaga – lembaga penelitian di Indonesia untuk tampil sejajar dengan UKM penelitian Universitas Negeri Semarang. Sistem penilaian dalam ajang The National Research Organization Award ini dinilai dari 3 tahap yaitu tahap seleksi berkas, kemudian disusul dengan tahap seleksi wawancara dengan mendatangkan panitia tim penyelenggara untuk surve ke lembaga, dan tahap akhir lembaga tersebut harus mempresentasikan lembaganya.

       Sekarang cahaya nyata konservasi yang dibarengi research di kampus unnes itu terlihat jelas, bahwa birokrasi dan mahasiswa mendukung sepenuhnya melalui penelitian – penelitian. UKM yang berada di Universitas yang ber visi sebagai kampus riset pun jauh tertinggal di bawah naungan UKM Penelitian UNNES. Final The National Research Organization Award di UPI Bandung tanggal 27 November 2011 ini dinilai dengan mendatangkan staff ahli Menristek, staff ahli Menpora, dan dari Masyarakat Ilmuan dan Teknologi Mahasiswa. Pengumuman para sang juara telah dilaksanakan namun penganugrahannya akan dilaksanakan pada bulan januari di Gebyar Inovasi Pemuda Indonesia yang bertempat di Balairung Universitas Indonesia, Depok Indonesia. Yang akan dihadiri oleh Mentri Riset dan Teknologi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Pemuda dan Olahraga.

http:ukmpenelitian.unnes.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar