Sabtu, 26 Juni 2010

Cara mengatur uang saku agar berlipat ganda


siapa sih yang nggak suka punya banyak uang saku , pastinya nggak ada.Biasanya  kalo kita punya banyak uang rasanya pingin beli sesuatu. Padahal sesuatu yang kita beli mungkin tidak terlalu bermanfaat sehingga tanpa sadar uang kita nggak tahu kemana habisnya ,,
Berikut,aku kasih tips mengatur uang saku.

1. Usahakan untuk langsung pulang ke rumah setiap kali sepulang sekolah/kuliah. Dan usahakan untuk kaga nongkrong di warung, mall ato tempat jajan. soalnya tanpa sadar, kita pasti mengeluarkan uang untuk membeli minuman botol, cemilan atau benda-benda yang tidak diperlukan.

2. Biasakan untuk membawa makanan dari rumah, baik makanan berat atau snack. Jadi pengeluaran kita akan lebih sedikit, karena nggak setiap hari makan siang di kantin.

3. Nggak usah membalas sms yang kurang penting. Nggak perlu juga memforward sms lucu atau hanya iseng-iseng saja.

4. Biasakan untuk nggak naik kendaraan pribadi, dan memakai kendaraan umum.

5. Simpan uangmu! Daripada beli komik atau novel, ato DVD mending ke tempat peminjaman buku, atau taman bacaan. Kalau saya sih nyaranin buat beli komik yang paketan, misal, 5 komik harganya 30rb. Lebih hemat dibanding beli satu-satu yang harganya 15rb. Atau beli yang obral, 10rb dapet 3. hehee~ kalo DVD, ke rental DVD aja.. ;)



6. Atur semua pengeluaran. Bikin daftar barang-barang yang pengen di beli. Catet harganya. Kalo harga barang yang di incer mahal, lebih baik nabung dulu. Utamakan Barang-barang yang sangat butuhkan. Yang sekiranya cuma buat hiburan aja ato buat dipajang aja, mending jangan dipikirin dulu. Itu urusan nanti.

Dan berikut efek positifnya mengatur uang saku

1. Dengan mengurangi jajan, kita bisa menjaga berat badan.

2. Kalau biasanya waktu luang dihabisnkan untuk nongkrong, kini agan bisa lebih fokus untuk belajar dan beristirahat.

3. Pemakainan HP yang berlebihan bisa mengakibatnkan radiasi yang berpengaruh buruk terhadap tubuh kita, bahkan menimbulkan penyakit. Dengan mengurangi penggunaannya, artinya bisa mengurangi dampak radiasi tersebut.

5. Dengan naik angkutan umum selain lebih hemat (nggak ngeluarin uang buat beli bensin), juga ga banyak polusi yang timbul akibat pemakaian kendaraan bermotor.

4. yang paling penting adalah: bisa menabung untuk bekal senang-senang di masa depan. Misalnya, sebagai modal liburan ke luar kota. Tabungan itu bisa pula dipakai untuk hal-hal yang lebih penting dan membutuhkan biaya banyak.
aku harap tips ini bermanfaat bagi kita yang telah baca artikel ini kalo kita sering nabung uang akan berlipat ganda , sempatkanlah menabung minimal Rp 100,- per hari,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar