Selasa, 02 Maret 2010

Internetan dengan Nokia 3500c sebagai modem? Bisa!

 


Punya ponsel Nokia 3500c? Ingin menggunakannya sebagai modem tapi belum tau caranya? Yuk, kita coba, mudah kok. Sama seperti tulisan saya terdahulu tentang koneksi dengan Nokia 3110c, perlengkapan dan software-nya pun sama. Selain ponsel Nokia 3500c itu sendiri, kita siapkan dulu kabel datanya (kabel mini USB), kalo belum punya, kabel ini bisa dibeli di toko komputer. (Saya beli di magelang Cuma  Rp 5000 ) Selain itu software Nokia PS Suite kita install dulu di PC atau laptop (kalo belum punya juga, bisa didownload di website Nokia, versi terakhir versi 7.1.26).
Setelah semua siap, kita hubungkan ponsel Nokia 3500c dengan PC/laptop. Saat ponsel dan PC/laptop terhubung, maka otomatis PC Suite akan mendeteksi ponsel dan menginstall software pendukung secara otomatis di PC/laptop, tunggu sampai proses instalasi selesai.
Setelah proses instalasi selesai, seperti tutorial saya sebelumnya, kita klik kanan ikon PC Suite yang ada di System Tray, dan pilih Connect to the internet untuk masuk ke panel One Touch Acces dari Nokia PC Suite.
Selanjutnya kita lakukan konfigurasi dengan memilih ikon Configure.
Pilih modem sesuai dengan ponsel yang kita gunakan (Nokia 3500c).
Lakukan seting manual dengan memilih Configure the connection manually.
Masukan parameter yang dibutuhkan sesuai kartu yang kita pakai (dalam contoh saya gunakan Flash Unlimited dari T-Sel). Untuk parameter operator lainnya bisa dilihat pada artikel tentang Parameter koneksi internet. Jika sudah, kemudian kita simpan konfigurasi tersebut.
Setelah kita simpan, otomatis kita akan dibawa kembali ke panel utama One Touch Access. Sekarang kita lakukan koneksi dengan memilih ikon Connect.
Jika koneksi berhasil, seperti biasa lagi nih, maka akan muncul baloon text koneksi pada System tray dilengkapi dengan informasi kecepatan transfer data antara ponsel dengan PC/laptop.
Sekarang kita bisa mulai browsing dengan modem ponsel Nokia 3500c.
Selesai, mudah kan langkah-langkahnya. Perhatikan tarif masing-masing operator GSM di Indonesia, untuk menghemat kita bisa melakukan block terhadap image atau animasi dari halaman web yang kita buka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar